Pengertian – pengertian Manajemen
·
Manajemen
adalah kegiatan untuk menentukan tujuan sebelum melakukan sesuatu.
·
Manajemen adalah
proses merencana, mengorganisasi, mengarah-kan, mengoordinasikan serta
mengawasi kegiatan mencapai secara efisien dan efektif tujuan organisasi.
·
Istilah
manajemen berasal dari kata management
(Bahasa Inggris), berasal dari kata “to
manage” yang artinya mengurus atau tata laksana.
Sehingga manajemen dapat
diartikan bagaimana cara mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang
menjadi bawahannya agar usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan yang
telah ditetapkan sebelumnya.
·
Proses manajemen
dilakukan oleh manajemen bawah, menengah dan puncak.
·
Manajemen dalam
pengertian orang menjalankan peranan melakukan hubungan pribadi, pemberi
informasi dan pengambil keputusan.
·
Manajemen harus
berketerampilan konseptual, manusiawi, dan teknis.
·
Manajemen juga harus
membuat Efektif dan Efision searah dan sinergis menguntungkan
Pengertian Menurut para Ahli?
1.
Harold Koontz & O’ Donnel
Dalam
bukunya yang berjudul “Principles of Management” mengemukakan, “Manajemen adalah berhubungan dengan
pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain”
(Dayat, n.d,p.6).
2. George R. Terry
Dalam
buku dengan judul “Principles of Management” memberikan definisi: “Manajemen adalah suatu proses yang
membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan dan
pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan
tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya” (Dayat, n.d,p.6)
3. Ensiclopedia of The Social Sciences
Manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.
4. Mary Parker Follet
Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
5. Thomas H. Nelson
Manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.
6. G.R. Terri,
Manajemen diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
7. James A. F. Stoner
Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
8. Oei Liang Lie
Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan SDM dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.
4. Mary Parker Follet
Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
5. Thomas H. Nelson
Manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.
6. G.R. Terri,
Manajemen diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
7. James A. F. Stoner
Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
8. Oei Liang Lie
Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan SDM dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
0 komentar:
Posting Komentar